Rabu, 12 November 2008

Amplang Produk Unggulan PON 2008

SAMARINDA-Pemprov Kaltim tampaknya semakin gencar mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam menghadapi PON XVII tahun 2008 di Kaltim. Salah satu makanan ringan yang dijadikan produk unggulan adalah amplang. "Amplang yang sudah cukup terkenal sekarang kita harapkan bisa jadi oleh-oleh para pendatang," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltim Irianto Lambrie, kemarin.

Selain amplang, kata Irianto, yang juga menjadi produk unggulan adalah produk kerajinan tangan, makanan ringan dan sejumlah produk lainnya.

Ditambahkannya, guna meningkatkan daya saing sejumlah produk tersebut, Kaltim melakukan pembinaan melalui sejumlah program yang terdiri atas pengembangan desain, kualitas produk kerajinan cenderamata dan pengembangan outlet serta kemasan produk pangan.

Selain itu juga dikembangkan produk sandang, pengembangan pemasaran produk UMKM dan peningkatan kemampuan aparatur pembina yang diharapkan produk Kaltim lebih baik dan mendatangkan pemasukan bagi pengusaha dan daerah.

"Dengan upaya ini diharapkan berbagai produk unggulan Kaltim dapat dikenal secara nasional dan pemasarannya lebih luas," katanya.

Di samping amplang, juga diusulkan untuk memasarkan kripik singkong dan lumpia super dari Samarinda sebagai produk unggulan lain karena rasanya tak kalah dibanding dengan produk serupa dari Pulau Jawa.

"Masing-masing kabupaten dan kota diminta menindaklanjuti rencana tersebut termasuk sejumlah instansi terkait dengan mendata dan menghubungi sejumlah UMKM yang dinilai mempunyai prospek baik, termasuk anggaran untuk program tersebut," ujarnya.

Guna penguatan bagi pelaku UMKM, instansi terkait akan melaksanakan sejumlah program, yakni bantuan yang bersifat hibah, misalnya bantuan mesin peralatan UMKM dan bantuan perkuatan modal secara kredit. Diberikan pendidikan dan latihan bagi pelaku usaha maupun aparatur pembina UMKM, bantuan promosi dengan menyediakan outlet untuk pelaku usaha agar menjual produk-produknya di sejumlah lokasi pertandingan dan yang mudah didatangi warga.(gs)

Original Link http://www.kaltimpost.web.id/berita/index.asp?Berita=ProKaltim&id=147516

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau mau pesan caranya gmn ya??
n bs mnta harganya ga ya tlg krm email ke chrisan_3026@yahoo.com or tlp ak di 082111977055